SEJARAH PENGADILAN

Slide Kiri

Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian berkedudukan di Komplek Perkantoran Pemda Kabupaten Rokan Hulu Jl. Keadilan No 6 Pasir Pengaraian. Telp: (0761) 91677- 91745 Fax 91745. 

Wilayah hukum Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian  awal mulanya merupakan bagian dari wilayah hukum Pengadilan Negeri Bangkinang.

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan Propinsi Riau pada umumnya dan memperhatikan perkembangan jumlah penduduk, luas wilayah, potensi ekonomi, sosial budaya, sosial politik dan meningkatnya beban tugas serta volume kerja dibidang penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan maka dibentuklah Kabupaten Rokan Hulu yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Kampar Riau pada tanggal 10 Oktober 1999. 

Pembentukan Kabupaten Rokan Hulu ini sesuai amanat Undang-Undang RI Nomor 53 Tahun 1999 Tentang Pembentukan Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kuantan Singingi dan Kota Batam. 

Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian terbentuk pada tanggal 2 Desember 2003 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 99 Tahun 2003 Tentang Pembentukan Pengadilan Negeri Sengeti, Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian dan Pengadilan Negeri Tanjung Balai Karimun. 

Gedung Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian sendiri baru diresmikan penggunaannya pada tanggal 18 Agustus 2004, yang hingga saat ini masih menempati lahan milik Pemerintah Kabupaten Kamapar dulunya sekarang Rokan Hulu dan gedungnya Sebagian merupakan gedung lama yang digunakan sebagai seting plat pengadilan Negeri Bangkinang dan sebagian gedungnya merupakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu yang terletak dijalan Diponegoro No.102 Pasir Pengaraian. dan pada tanggal 31 Januari 2017 Gedung Baru Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung yang lahannya merupakan hibah dari Pemda Roan Hulu, Sekarang Berada Di Komplek Perkatoran Pemerintah Kabupaten Rokan hulu.

Dengan terbentuknya Pengadilan Negeri Pasir Pengarian, maka wilayah Kabupaten Rokan Hulu dikeluarkan dari daerah hukum Pengadilan Negeri Bangkinang.

Pada awal terbentuknya, Kabupaten Rokan Hulu hanya terdiri dari 8 (delapan) wilayah, yaitu: Kecamatan Rambah, Kecamatan Rokan IV Koto, kecamatan Ujung Batu, KecamatanTandun, Kecamatan Kabun, Kecamatan Tambusai, Kecamatan Kepenuhan dan Kecamatan Kunto Darussalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *