Dalam rangka melaksanakan tugas-tugasnya secara efisien,efektif, transparan dan akuntable maka Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian berkewajiban untuk menyusun dan melaksanakan Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai dengan Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.
Dengan tersusunnya Standar Operasional Prosedur (SOP) ini diharapkan mekanisme Administrasi Pengadilan dan Administrasi Umum Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian dapat berjalan secara efisien, efektif, transparan dan akuntable sehingga Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian dapat melaksanakan tugas dengan seksama, tertib dan berdisiplin dan dapat diharapkan memberikan kontribusi tercapainya Visi Mahkamah Agung RI yaituTerwujudnya Badan Peradilan Indonesia yang Agung
Adapun Standar Operasional Prosedur Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian yaitu sebagai berikut :
SOP PENGADILAN NEGERI PASIR PENGARAIAN KELAS II
SOP PENGELOLAAN INFORMASI & DOKUMENTASI PERADILAN
No STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PPID LINK 1 SOP Pengumuman Informasi Detail 2 SOP Pengelolaan Permohonan Informasi Detail 3 SOP Pengelolaan Keberatan atas Informasi Detail 4 SOP Penanganan Sengketa Informasi Publik oleh Atasan PPID Detail 5 SOP Penetapan dan Pemutakhiran Daftar Informasi Publik Detail 6 SOP Pengujian tentang Konsekuensi Detail 7 SOP Pendokumentasian Informasi Publik Detail 8 SOP Pendokumentasian Informasi yang dikecualikan Detail
SOP PELAYANAN PADA KELOMPOK RENTAN/DISABILITAS
No STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR KELOMPOK RENTAN / DISABILITAS LINK 1 SOP Pelayanan Pada PTSP Bagi Kelompok Rentan Detail
No STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR KEPANITERAAN PIDANA LINK 1 SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Biasa (DEWASA) Detail 2 SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Anak Jika Upaya Diversi Berhasil Detail 3 SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Anak Jika Upaya Diversi Tidak Berhasil Detail 4 SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Singkat Detail 5 SOP Proses Penyelesaian Perkara Tindak Pidana Ringan Detail 6 SOP Proses Penanganan Perkara Tilang Detail 7 SOP Permohonan Upaya Hukum Banding Detail 8 SOP Permohonan Upaya Hukum Banding Pemilu Detail 9 SOP Permohonan Upaya Hukum Kasasi Detail 10 SOP Permohonan Upaya Hukum PK Pidana Detail 11 SOP Permohonan GRASI Detail 12 SOP Permohonan PRAPERADILAN Detail 13 SOP Permintaan Permohonan Perpanjangan Penahanan oleh Penyidik dan Penuntut Umum Pasal 29 Ayat (2) dan Ayat (3) Detail 14 SOP Permintaan Permohonan Perpanjangan Penahanan Atas Permintaan Penuntut Umum Pasal 25 Ayat (2) Detail 15 SOP Permohonan Ijin atau Persetujuan Besuk (Perkara Pidana Umum, Tipikor, Anak dan Perikanan) Detail 16 SOP Permintaan Permohonan Perpanjangan Penahanan ke Pengadilan Tinggi Pasal 29 Ayat (1) (2) dan (3) KUHAP Detail 17 SOP Penangguhan Penahanan Perkara Pidana Detail 18 SOP Proses Penyelesaian Permohonan Ijin atau Persetujuan Penggeledahan Perkara Pidana Detail 19 SOP Proses Penyelesaian Permohonan Diversi Detail 20 SOP Ijin Pembantaran Detail 21 SOP Pencabutan Permohonan Banding Pidana Detail 22 SOP Pencabutan Permohonan Kasasi Pidana Detail 23 SOP Pencabutan Permohonan Peninjauan Kembali Pidana Detail 24 SOP Ijin atau Persetujuan Penyitaan oleh Penyidik (Perkara Pidanan Umum, Tipikor, Perikanan dan Anak) Detail 25 SOP Permohonan Pengalihan Penahanan Detail 26 SOP Pinjam Pakai Barang Bukti Detail 27 SOP Ijin Berobat Detail 28 SOP Penyelesaian Perkara Pidana Pemilu Detail
No STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR KEPANITERAAN PERDATA LINK 1 SOP Perkara Perdata Peninjauan Kembali dengan Alasan Adanya Novum Detail 2 SOP Perkara Perdata Peninjauan Kembali dengan Alasan Kekeliruan atau Kekhilafan yang Nyata Detail 3 SOP Upaya Hukum Banding Perkara Perdata Secara Elektronik (eCourt) TK Pertama Detail 4 SOP Pengembalian Sisa Panjar Perkara Perdata Detail 5 SOP Penyelesaian Perkara Gugatan Sederhana Secara Elektronik (eCourt) Detail 6 SOP Perkara Perdata Gugatan atau Bantahan atau Perlawanan – Mediasi Gagal Detail 7 SOP Perkara Perdata Gugatan atau Bantahan atau Perlawanan – Mediasi Berhasil Detail 8 SOP Penyelesaian Perkara Perdata Permohonan secara Elektronik (eCourt) Detail 9 SOP Keberatan Perkara Gugatan Sederhana Detail 10 SOP Pencabutan Permohonan Peninjauan Kembali Perdata Detail 11 SOP Pencabutan Permohonan Kasasi Perdata Detail 12 SOP Pencabutan Permohonan Banding Perdata Umum Detail 13 SOP Permohonan Eksekusi Pembayaran Sejumlah Uang dan Hak Tanggungan Detail 14 SOP Permohonan Konsignasi (Pengadaan Tanah) Detail 15 SOP Permohonan Perkara Perdata Kasasi Memenuhi Syarat Formil Detail 16 SOP Upaya Hukum Banding Perkara Perdata Detail 17 SOP Perkara Perdata Gugatan atau Bantahan atau Perlawanan secara Elektronik (eCourt) – Mediasi Gagal Detail 18 SOP Perkara Perdata Gugatan atau Bantahan atau Perlawanan secara Elektronik (eCourt) – Mediasi Berhasil Detail 19 SOP Penyelesaian Perkara Perdata Permohonan secara Manual Detail
No STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR KEPANITERAAN HUKUM LINK 1 SOP Penanganan Pengaduan Pendelegasian dari BAWAS Detail 2 SOP Penanganan Pengaduan Inisiatif Sendiri Detail 3 SOP Pendaftaran Surat Kuasa Khusus Detail 4 SOP Pendaftaran Surat Ijin Kuasa Insidentil Detail 5 SOP Surat Keterangan Tidak Tersangkut Perkara Detail 6 SOP Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dan Survey Persepsi Anti Korupsi (SPAK) Pengguna Layanan Pengadilan Negeri Detail 7 SOP Legalisasi Surat Akta di Bawah Tangan (WAARMEKING) Detail 8 SOP Surat Keterangan Elektronik Melalui Aplikasi Eraterang Detail 9 SOP Kearsipan Berkas Perkara Detail 10 SOP Pelayanan Pemberian Informasi dengan Keberatan Detail 11 SOP Pelayanan Pemberian Informasi Tanpa Keberatan Detail 12 SOP Pembuatan Laporan Perkara (Bulanan, 4 Bulanan, 6 Bulanan, Tahunan) Detail 13 SOP Peminjaman dan Pengembalian Arsip Berkas Perkara Detail 14 SOP Pendaftaran Akta Pendirian Badan Hukum Detail 15 SOP Permohonan Salinan Putusan Detail
No STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR SUBBAG UMUM DAN KEUANGAN LINK 1 SOP Penanganan Surat Masuk Detail 2 SOP Penanganan Surat Keluar Detail 3 SOP Pemeliharaan Barang Perpustakaan Detail 4 SOP Pengelolaan Barang Persediaan Detail 5 SOP Pengelolaan Barang Milik Negara Detail 6 SOP Rekonsiliasi Barang Milik Negara Detail 7 SOP Penunjukan Penghunian Rumah Negara Detail 8 SOP Penunjukan Pemakaian Barang Inventaris Berupa Kendaraan Dinas Detail 9 SOP Pengmudi atau Supir Detail 10 SOP Protokoler Detail 11 SOP Penyusunan Uraian Tugas Satpam dan Tenaga Kebersihan Detail 12 SOP Laporan Aplikasi Persedian ATK Detail 13 SOP Laporan BMN Semesteran Detail 14 SOP Laporan Pertanggung Jawaban Bendahara Detail 15 SOP Pelaksanaan Anggaran Dana UP atau TUP Detail 16 SOP Pelaksana Anggaran Belanja Pegawai dan LS Detail 17 SOP Pelaksanaan Anggaran Belanja Modal – LS Detail 18 SOP Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak Detail 19 SOP Pengelolaan Tunjangan Khusus Kinerja (REMUNISASI) Detail 20 SOP Pengelolaan Ruang Sidang Detail 21 SOP Penerimaan Barang Persediaan Detail 22 SOP Persiapan Persidangan Detail 23 SOP Keamanan Kantor Detail 24 SOP Kebersihan Kantor Detail 25 SOP Perawatan Inventaris, Halaman dan Gedung Kantor Detail 26 SOP Perawatan Rumah Dinas Detail
No STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR SUBBAG PERENCANAAN, TEKNOLOGI INFORMASI, DAN PELAPORAN (PTIP) LINK 1 SOP Penanganan Surat Masuk Detail 2 SOP Penanganan Surat Keluar Detail 3 SOP Penyusunan Anggaran Tahun Berikutnya Detail 4 SOP Permohonan Permintaan dan Penonaktifan User Detail 5 SOP Pemeliharaan Jaringan Detail 6 SOP Pengisian Pembaruan Konten Website Detail 7 SOP Backup Database Website Detail 8 SOP Penyusunan Laporan Tahunan Detail 9 SOP Revisi DIPA dan POK Detail 10 SOP Penyusunan LKjIP Detail 11 SOP Sinkronisasi SIPP Detail 12 SOP Laporan Capaian Kinerja Bulanan E-Sakip Komdanas Detail 13 SOP Backup Database Aplikasi SIPP Detail
No STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR SUBBAG KEPEGAWAIAN DAN ORTALA LINK 1 SOP Penanganan Surat Masuk Detail 2 SOP Penanganan Surat Keluar Detail 3 SOP Rekomendasi Tim Pemeriksa Penegakan Disiplin Pegawai Negeri Sipil Detail 4 SOP Penyelesaian Pembuatan Pengantar Hukuman Disiplin Pegawai Negeri Sipil Detail 5 SOP Inventarisasi Pegawai Negeri Sipil (bezeting pegawai) Detail 6 SOP Daftar Urut Senioritas (DUS) Hakim Detail 7 SOP Daftar Urut Kepangkatan (DUK) Pegawai Negeri Sipil Detail 8 SOP Rekapitulasi Daftar Hadir Hakim dan Pegawai Negeri Sipil Detail 9 SOP Pemilihan Agen Perubahan Detail 10 SOP Pembuatan Surat Keputusan (SK) Ketua Pengadilan Negeri Detail 11 SOP Pengusulan Kenaikan Pangkat Detail 12 SOP Pengusulan Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) Detail 13 SOP Update Data Kepegawaian melalui SIKEP MARI Detail 14 SOP Kenaikan Gaji Berkala (KGB) Detail 15 SOP Mutasi Hakim dan Pegawai Negeri Sipil Detail 16 SOP Usulan Promosi Jabatan Detail 17 SOP Usulan Pensiun Hakim dan Pegawai Negeri Sipil Detail 18 SOP Usulan Tanda Penghargaan Satya Lencana Detail 19 SOP Pembuatan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) Detail 20 SOP Penyelesaian Surat Tugas Detail 21 SOP Penyelesaian Permohonan Surat Cuti Hakim dan Pegawai Negeri Sipil Detail 22 SOP Penyelesaian Pembuatan Kartu Pemohon Penambahan Penghasilan Pegawai (KKP4) Detail 23 SOP Penyelesaian Dokumen Pelantikan Penyumpahan dan Menduduki Jabatan Detail 24 SOP Pengusulan TASPEN, KARPEG, KARIS, KARSU Detail 25 SOP Analisis Penataan Organisasi Detail 26 SOP Analisis Jabatan Detail 27 SOP Penataan Sisten dan Prosedur Kerja Detail