Standar Operasional Prosedur (SOP)

Dalam rangka melaksanakan tugas-tugasnya secara efisien,efektif, transparan dan akuntable maka Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian berkewajiban untuk menyusun dan melaksanakan Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai dengan Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.


Dengan tersusunnya Standar Operasional Prosedur (SOP) ini diharapkan mekanisme Administrasi Pengadilan dan Administrasi Umum Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian dapat berjalan secara efisien, efektif, transparan dan akuntable sehingga Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian dapat melaksanakan tugas dengan seksama, tertib dan berdisiplin dan dapat diharapkan memberikan kontribusi tercapainya Visi Mahkamah Agung RI yaituTerwujudnya Badan Peradilan Indonesia yang Agung


Adapun Standar Operasional Prosedur Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian yaitu sebagai berikut :


SOP PENGADILAN NEGERI PASIR PENGARAIAN KELAS II


  • SOP PENGELOLAAN INFORMASI & DOKUMENTASI PERADILAN
NoSTANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PPIDLINK
1SOP Pengumuman InformasiDetail
2SOP Pengelolaan Permohonan InformasiDetail
3SOP Pengelolaan Keberatan atas InformasiDetail
4SOP Penanganan Sengketa Informasi Publik oleh Atasan PPIDDetail
5SOP Penetapan dan Pemutakhiran Daftar Informasi PublikDetail
6SOP Pengujian tentang KonsekuensiDetail
7SOP Pendokumentasian Informasi PublikDetail
8SOP Pendokumentasian Informasi yang dikecualikanDetail

  • SOP PELAYANAN PADA KELOMPOK RENTAN/DISABILITAS
NoSTANDAR OPERASIONAL PROSEDUR KELOMPOK RENTAN / DISABILITASLINK
1SOP Pelayanan Pada PTSP Bagi Kelompok RentanDetail


  • SOP KEPANITERAAN
NoSTANDAR OPERASIONAL PROSEDUR KEPANITERAAN PIDANALINK
1SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Biasa (DEWASA)Detail
2SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Anak Jika Upaya Diversi BerhasilDetail
3SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Anak Jika Upaya Diversi Tidak BerhasilDetail
4SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana SingkatDetail
5SOP Proses Penyelesaian Perkara Tindak Pidana RinganDetail
6SOP Proses Penanganan Perkara TilangDetail
7SOP Permohonan Upaya Hukum BandingDetail
8SOP Permohonan Upaya Hukum Banding PemiluDetail
9SOP Permohonan Upaya Hukum KasasiDetail
10SOP Permohonan Upaya Hukum PK PidanaDetail
11SOP Permohonan GRASIDetail
12SOP Permohonan PRAPERADILANDetail
13SOP Permintaan Permohonan Perpanjangan Penahanan oleh Penyidik dan Penuntut Umum Pasal 29 Ayat (2) dan Ayat (3)Detail
14SOP Permintaan Permohonan Perpanjangan Penahanan Atas Permintaan Penuntut Umum Pasal 25 Ayat (2)Detail
15SOP Permohonan Ijin atau Persetujuan Besuk (Perkara Pidana Umum, Tipikor, Anak dan Perikanan)Detail
16SOP Permintaan Permohonan Perpanjangan Penahanan ke Pengadilan Tinggi Pasal 29 Ayat (1) (2) dan (3) KUHAPDetail
17SOP Penangguhan Penahanan Perkara PidanaDetail
18SOP Proses Penyelesaian Permohonan Ijin atau Persetujuan Penggeledahan Perkara PidanaDetail
19SOP Proses Penyelesaian Permohonan DiversiDetail
20SOP Ijin PembantaranDetail
21SOP Pencabutan Permohonan Banding PidanaDetail
22SOP Pencabutan Permohonan Kasasi PidanaDetail
23SOP Pencabutan Permohonan Peninjauan Kembali PidanaDetail
24SOP Ijin atau Persetujuan Penyitaan oleh Penyidik (Perkara Pidanan Umum, Tipikor, Perikanan dan Anak)Detail
25SOP Permohonan Pengalihan PenahananDetail
26SOP Pinjam Pakai Barang BuktiDetail
27SOP Ijin BerobatDetail
28SOP Penyelesaian Perkara Pidana PemiluDetail

NoSTANDAR OPERASIONAL PROSEDUR KEPANITERAAN PERDATALINK
1SOP Perkara Perdata Peninjauan Kembali dengan Alasan Adanya NovumDetail
2SOP Perkara Perdata Peninjauan Kembali dengan Alasan Kekeliruan atau Kekhilafan yang NyataDetail
3SOP Upaya Hukum Banding Perkara Perdata Secara Elektronik (eCourt) TK PertamaDetail
4SOP Pengembalian Sisa Panjar Perkara PerdataDetail
5SOP Penyelesaian Perkara Gugatan Sederhana Secara Elektronik (eCourt)Detail
6SOP Perkara Perdata Gugatan atau Bantahan atau Perlawanan – Mediasi GagalDetail
7SOP Perkara Perdata Gugatan atau Bantahan atau Perlawanan – Mediasi BerhasilDetail
8SOP Penyelesaian Perkara Perdata Permohonan secara Elektronik (eCourt)Detail
9SOP Keberatan Perkara Gugatan SederhanaDetail
10SOP Pencabutan Permohonan Peninjauan Kembali PerdataDetail
11SOP Pencabutan Permohonan Kasasi PerdataDetail
12SOP Pencabutan Permohonan Banding Perdata UmumDetail
13SOP Permohonan Eksekusi Pembayaran Sejumlah Uang dan Hak TanggunganDetail
14SOP Permohonan Konsignasi (Pengadaan Tanah)Detail
15SOP Permohonan Perkara Perdata Kasasi Memenuhi Syarat FormilDetail
16SOP Upaya Hukum Banding Perkara PerdataDetail
17SOP Perkara Perdata Gugatan atau Bantahan atau Perlawanan secara Elektronik (eCourt) – Mediasi GagalDetail
18SOP Perkara Perdata Gugatan atau Bantahan atau Perlawanan secara Elektronik (eCourt) – Mediasi BerhasilDetail
19SOP Penyelesaian Perkara Perdata Permohonan secara ManualDetail

NoSTANDAR OPERASIONAL PROSEDUR KEPANITERAAN HUKUMLINK
1SOP Penanganan Pengaduan Pendelegasian dari BAWASDetail
2SOP Penanganan Pengaduan Inisiatif SendiriDetail
3SOP Pendaftaran Surat Kuasa KhususDetail
4SOP Pendaftaran Surat Ijin Kuasa InsidentilDetail
5SOP Surat Keterangan Tidak Tersangkut PerkaraDetail
6SOP Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dan Survey Persepsi Anti Korupsi (SPAK) Pengguna Layanan Pengadilan NegeriDetail
7SOP Legalisasi Surat Akta di Bawah Tangan (WAARMEKING)Detail
8SOP Surat Keterangan Elektronik Melalui Aplikasi EraterangDetail
9SOP Kearsipan Berkas PerkaraDetail
10SOP Pelayanan Pemberian Informasi dengan KeberatanDetail
11SOP Pelayanan Pemberian Informasi Tanpa KeberatanDetail
12SOP Pembuatan Laporan Perkara (Bulanan, 4 Bulanan, 6 Bulanan, Tahunan)Detail
13SOP Peminjaman dan Pengembalian Arsip Berkas PerkaraDetail
14SOP Pendaftaran Akta Pendirian Badan HukumDetail
15SOP Permohonan Salinan PutusanDetail


  • SOP KESEKRETARIATAN
NoSTANDAR OPERASIONAL PROSEDUR SUBBAG UMUM DAN KEUANGANLINK
1SOP Penanganan Surat MasukDetail
2SOP Penanganan Surat KeluarDetail
3SOP Pemeliharaan Barang PerpustakaanDetail
4SOP Pengelolaan Barang PersediaanDetail
5SOP Pengelolaan Barang Milik NegaraDetail
6SOP Rekonsiliasi Barang Milik NegaraDetail
7SOP Penunjukan Penghunian Rumah NegaraDetail
8SOP Penunjukan Pemakaian Barang Inventaris Berupa Kendaraan DinasDetail
9SOP Pengmudi atau SupirDetail
10SOP ProtokolerDetail
11SOP Penyusunan Uraian Tugas Satpam dan Tenaga KebersihanDetail
12SOP Laporan Aplikasi Persedian ATKDetail
13SOP Laporan BMN SemesteranDetail
14SOP Laporan Pertanggung Jawaban BendaharaDetail
15SOP Pelaksanaan Anggaran Dana UP atau TUPDetail
16SOP Pelaksana Anggaran Belanja Pegawai dan LSDetail
17SOP Pelaksanaan Anggaran Belanja Modal – LSDetail
18SOP Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan PajakDetail
19SOP Pengelolaan Tunjangan Khusus Kinerja (REMUNISASI)Detail
20SOP Pengelolaan Ruang SidangDetail
21SOP Penerimaan Barang PersediaanDetail
22SOP Persiapan PersidanganDetail
23SOP Keamanan KantorDetail
24SOP Kebersihan KantorDetail
25SOP Perawatan Inventaris, Halaman dan Gedung KantorDetail
26SOP Perawatan Rumah DinasDetail

NoSTANDAR OPERASIONAL PROSEDUR SUBBAG PERENCANAAN, TEKNOLOGI INFORMASI, DAN PELAPORAN (PTIP)LINK
1SOP Penanganan Surat MasukDetail
2SOP Penanganan Surat KeluarDetail
3SOP Penyusunan Anggaran Tahun BerikutnyaDetail
4SOP Permohonan Permintaan dan Penonaktifan UserDetail
5SOP Pemeliharaan JaringanDetail
6SOP Pengisian Pembaruan Konten WebsiteDetail
7SOP Backup Database WebsiteDetail
8SOP Penyusunan Laporan TahunanDetail
9SOP Revisi DIPA dan POKDetail
10SOP Penyusunan LKjIPDetail
11SOP Sinkronisasi SIPPDetail
12SOP Laporan Capaian Kinerja Bulanan E-Sakip KomdanasDetail
13SOP Backup Database Aplikasi SIPPDetail

NoSTANDAR OPERASIONAL PROSEDUR SUBBAG KEPEGAWAIAN DAN ORTALALINK
1SOP Penanganan Surat MasukDetail
2SOP Penanganan Surat KeluarDetail
3SOP Rekomendasi Tim Pemeriksa Penegakan Disiplin Pegawai Negeri SipilDetail
4SOP Penyelesaian Pembuatan Pengantar Hukuman Disiplin Pegawai Negeri SipilDetail
5SOP Inventarisasi Pegawai Negeri Sipil (bezeting pegawai)Detail
6SOP Daftar Urut Senioritas (DUS) HakimDetail
7SOP Daftar Urut Kepangkatan (DUK) Pegawai Negeri SipilDetail
8SOP Rekapitulasi Daftar Hadir Hakim dan Pegawai Negeri SipilDetail
9SOP Pemilihan Agen PerubahanDetail
10SOP Pembuatan Surat Keputusan (SK) Ketua Pengadilan NegeriDetail
11SOP Pengusulan Kenaikan PangkatDetail
12SOP Pengusulan Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO)Detail
13SOP Update Data Kepegawaian melalui SIKEP MARIDetail
14SOP Kenaikan Gaji Berkala (KGB)Detail
15SOP Mutasi Hakim dan Pegawai Negeri SipilDetail
16SOP Usulan Promosi JabatanDetail
17SOP Usulan Pensiun Hakim dan Pegawai Negeri SipilDetail
18SOP Usulan Tanda Penghargaan Satya LencanaDetail
19SOP Pembuatan Sasaran Kerja Pegawai (SKP)Detail
20SOP Penyelesaian Surat TugasDetail
21SOP Penyelesaian Permohonan Surat Cuti Hakim dan Pegawai Negeri SipilDetail
22SOP Penyelesaian Pembuatan Kartu Pemohon Penambahan Penghasilan Pegawai (KKP4)Detail
23SOP Penyelesaian Dokumen Pelantikan Penyumpahan dan Menduduki JabatanDetail
24SOP Pengusulan TASPEN, KARPEG, KARIS, KARSUDetail
25SOP Analisis Penataan OrganisasiDetail
26SOP Analisis JabatanDetail
27SOP Penataan Sisten dan Prosedur KerjaDetail